Community:
Forum Diskusi
Mailing List
Brawijaya Linux User NGalam

Program Studi Teknik Industri

[ Sekilas ]  [ Kurikulum ]  [ Program Lain ]  [ Kontak ]

Sekilas

Fakultas Teknik Unibraw

Kata Pengantar

Teknik Industri (TI) dapat didefinisikan sebagai: “Disiplin ilmu kerekayasaan yang berkaitan dengan perancangan, instalasi dan perbaikan suatu sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan/mesin, material, energi dan informasi”. Dewasa ini, TI adalah salah satu bidang ilmu yang berkembang dengan sangat pesat dan modern. Sarjana TI memiliki banyak variasi kemampuan/skill yang dibutuhkan oleh berbagai dunia industri dan bisnis, sehingga lulusannya mempunyai fleksibiltas kerja yang tinggi, maka tidak heran bila sarjana TI banyak dicari di bursa lapangan kerja. Sebagai informasi, Program Studi Teknik Industri (PSTI) di Universitas Brawijaya dimulai pada tahun 2005, dan sekarang (2007) sudah memasuki tahun ke 3. PSTI menempati ranking 2 setelah Fakultas Kedokteran dalam hal nilai ujian saringan masuk pada tahun 2006 dan 2007.

Ke khususan PSTI di UNIBRAW adalah adanya kesadaran bahwa untuk menghasilkan sarjana TI atau industriawan yang berkualitas global, maka ilmu yang diajarkan harus memiliki sifat: mendasar, relevan, dan up todate (terkini), misalnya ilmu-ilmu: Six Sigma, Balanced Score Card, Enterprise Resource Planing, Supply Chain Management, Customer Relationship Management, CAD/CAM, ISO, Sistem Database, Management Information Systems, Internet dan E-commerce, dan Applied Artificial Intelligence. Keterlibatan yang mendalam dari sisi IT (Information Technology) pada TI juga dibahas secara mendalam dan bahkan diwadahi dalam suatu konsentrasi yang khusus yang disebut Sistim Informasi Manajemen Industri. Sarjana TI yang global juga harus memiliki soft skill yang bermutu tinggi, maka diselenggarakanlah pendidikan dan pembinaan kebudayaan yang meliputi: kepribadian (personality), leadership, enterprenuership, kemampuan berkomunikasi yang tinggi, dan penguasaan bahasa penting dunia seperti bahasa Inggris.

Visi , Misi dan Tujuan

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang mampu memberikan kontribusi dalam mendukung pembangunan dalam bidang Teknik Industri

Misi Program Teknik Industri adalah:
01.Melaksanakan program pendidikan tinggi teknik industri yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
02.Melakukan penelitian dan pengembangan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang keilmuan Teknik Industri
03.Menerapkan hasil penelitian dan meningkatkan kontribusi Program Studi untuk membantu menyelesaikan masalah industri serta pengabdian pada masyarakat.
04.Membangun jaringan kerjasama guna pengembangan kegiatan pendidikan dan penelitian dengan memberdayakan sumberdaya yang dimiliki.

Tujuan Program Teknik Industri adalah:
01.Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dibidang Teknik Industri.
02.Menghasilkan penelitian yang berguna untuk pengembangan ilmu dan keahlian di bidang Teknik Industri.
03.Turut serta memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan aktual yang ada dalam masyarakat.

  ©2001-2003 Brawijaya University, all right reserved.
Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use. Content provided by BAPSI-UB, Design & Construct by UPPTI-UB.
ke halaman awal