Community:
Forum Diskusi
Mailing List
Brawijaya Linux User NGalam

Program Pascasarjana

visit homepage

 

[ Sekilas ]  [ Program Magister

Sekilas

Gedung Pascasarjana UB

SEJARAH PERKEMBANGAN

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB) pada awalnya diselenggarakan dalam bentuk Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) bersama Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1982. Mulai T.A. 1993/1994 penyelenggaraannya dilakukan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.
Pada tahun akademik 2004/2005 jumlah mahasiswa yang terdaftar mencapai 1550 orang, berasal dari Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Instansi Pemerintah dan Swasta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Sampai dengan akhir tahun 2004 PPSUB telah meluluskan Magister sejumlah 2080 orang dengan lama studi kurang dari 2 tahun; 28.09 %, 2 tahun; 24.33 %, 2.5 tahun; 24.00 %, 3 tahun; 10.16 %, dan di atas 3 tahun; 13.42 % serta meluluskan sejumlah 79 orang Doktor dari berbagai bidang ilmu.
Penyelenggaraan pendidikan Magister dan Doktor didukung oleh tenaga akademik yang memenuhi persyaratan dan mempunyai reputasi di bidang penelitian dengan memperoleh dana Penelitian Hibah Bersaing, Dewan Riset Nasional. Riset Unggulan Terpadu Internasional serta program penelitian kompetitif lainnya Berdasarkan pengalaman dan aktivitas tersebut, PPSUB menawarkan kepada instansi swasta dan pemerintah maupun perorangan untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui jenjang pendidikan Magister dan Doktor yang bermutu dan terakriditasi.

Visi

Menjadi program pascasarjana yang terkemuka dalam bidang ilmu-ilmu hayati, teknik, ekonomi, sosial, administrasi dan hukum, serta berkopetensi tinggi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister dan doktor di bidang ilmu-ilmu hayati, teknik, ekonomi, sosial, administrasi, dan hukum melalui proses pembelajaran yang berkualitas tinggi dan efisien, relevan dengan masyarakat, bangsa dan Negara.
  2. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu-ilmu hayati, teknik, ekonomi, sosial, administrasi, dan hukum yang terkait dengan program pendidikan, serta bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan komunikasi dan publikasi ilmiah secara berkala dalam bentuk jurnal ilmiah hasil-hasil penelitian.

TUJUAN PENDIDIKAN

  • Menjadi salah satu pusat kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEK inovatif yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menjadi salah satu pusat informasi IPTEK yang mampu mengkomunikasikan informasi tersebut kepada masyarakat ilmiah dan khayalak yang lebih luas.

Pendidikan Pascasarjana Universitas Brawijaya merupakan jenjang pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan berjiwa Pancasila dan memiliki integritas tinggi dengan kualifikasi :

Program Magister
bertujuan untuk menghasilkan Magister yang mampu :

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah
  2. Mempunyai kemampuan mengembangkan dan memutakhirkan IPTEK dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya.
  3. Mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang keahliannyamelalui kegiatan penelitian dan pengembangan dengan kaidah-kaidah ilmiah
  4. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya yang ditunjukan dengan kemampuan analisis permasalahan yang tajam dan komprehensif, serta penyusunan alternatif pemecahan masalah yang akurat.

Program Doktor
bertujuan untuk menghasilkan Doktor yang mampu :

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah
  2. Bersikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pembangunan
  3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan metodologi baru yang dapat digunakan untuk melakukan kajian-kajian ilmiah dan penelitian.
  4. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang keahliannya
  5. Akrab dengan permasalahan ilmiah, hasil karya dan pemikiran mutakhir para ahli dalam kawasan keahliannya
  6. Mampu menggunakan IPTEK dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban dan/atau memecahkan masalah-masalah yang kompleks, termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin
  7. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya , baik dengan sejawat maupun khalayak yang lebih luas.


Alamat Kontak

Jalan Mayjen Haryono 169 Malang 65145
Telepon 0341 571260, 0341 562094, Fax 0341 580801
Email : ppsub@brawijaya.ac.id

  ©2001-2003 Brawijaya University, all right reserved.
Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use. Content provided by BAPSI-UB, Design & Construct by UPPTI-UB.
ke halaman awal