Community:
Forum Diskusi
Mailing List
Brawijaya Linux User NGalam

Tentang UB

Unit Pengkajian & Pengembangan Teknologi Informasi (PPTI)

logo UPPTI

Sub Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya yang disingkat menjadi PPTI UB merupakan sebuah unit khusus yang bergerak dalam riset pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi di lingkungan Universitas Brawijaya. PPTI UB didirikan resmi oleh Universitas Brawijaya melalui SK Rektor No 009/SK/2001 pada tanggal 6 Februari 2001 sebagai wujud nyata komitmen dan keseriusan Universitas Brawijaya dalam pengembangan Teknologi Informasi.

PPTI telah mengembangkan beragam layanan dan fasilitas Teknologi Informasi untuk kepentingan Universitas Brawijaya sejak tahun 2001. Seluruh layanan dan fasilitas tersebut telah aktif digunakan oleh pengguna di lingkungan Unviversitas Brawijaya, berupa :


Jaringan Intranet dan Internet

Kerjasama dengan Fakultas dan lembaga-lembaga di Universitas Brawijaya dalam hal pengembangan dan distirbusi jaringan Intranet dan Internet, sampai saat ini telah meliputi 10 Fakultas dan 10 Lembaga dengan total workstation terkoneksi 1515 komputer dengan rata-rata computer online mencapai 600 buah setiap harinya.

Internet Services

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur jaringan di Universitas Brawijaya makan PPTI juga mengembangkan Internet Service meliputi :

  1. Layanan E-Mail yang di gunakan oleh Dosen, Staff, Karyawan dan Mahasiswa.
  2. Layanan Web Hosting yang sampai saat ini sudah digunakan lebih dari 50 pengguna dari fakultas dan lembaga di Universitas Brawijaya.
  3. Layanan Portal Teknologi Informasi Universitas Brawijaya (www.bits.brawijaya.ac.id), untuk mempermudah pengguna dalam mengakses seluruh layanan teknologi informasi di Universitas Brawijaya
  4. Situs Resmi Universitas Brawijaya (www.brawijaya.ac.id), yang tahun ini berkesempatan meraih juara di di kompetisi situs tingkat nasional dalam katagori pendidikan dalan ajang Bubu Award dan menjadi wakil Indonesia dalam kompetisi serupa tingkat Internasional dalam WSIS (World Summit Information System)
  5. Manajemen layanan penggunaan internet bagi civitas akademika Universitas Brawijaya

 

Sistem Informasi Manajemen

Untuk menunjang dan mempermudah kegiatan di Universitas Brawijaya maka PPTI telah mengimplementasikan berbagai macam layanan sistem informasi manajemen diantaranya adalah :

  1. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terpadu, yang sampai saat ini telah di kembangkan di 6 Fakultas, yaitu MIPA, Perikanan, Teknologi Pertanian, Pertanian, Hukum, dan Ilmu Administrasi
  2. Mengembangkan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa berbasis web untuk pelayanan KRS dan KHS mahasiswa secara online.
  3. Implementasi sistem pembayaran secara Real Time Online, bagi Mahasiswa Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara
  4. Mengembangkan dan mengimplementasikan Sistem Registrasi (SIREGI) secara online dimana pembayaran dapat di lakukan secara online Real Time, saat ini telah di implementasikan pembayaran melalui BTN
  5. Mengembangkan Aplikasi pendaftaran wisuda terpadu secara online berbasis web untuk pelayanan wisuda di seluruh Fakultas di Universitas Brawijaya.
  6. Mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Online (SIMPEL) berbasis web untuk seluruh Fakultas di Universitas Brawijaya (www.siakad.brawijaya.ac.id/simpel)
  7. Mengembangkan aplikasi Sistem Registrasi Online (SIREGI) berbasis web untuk seluruh Fakultas di Universitas Brawijaya. (www.siakad.brawijaya.ac.id/siregi)
  8. Mengembangkan Sistem Informasi Keuangan untuk lingkungan Universitas Brawijaya.

Brawijaya IT Training Center

PPTI memberikan pelatihan-pelatihan berbasis komputer dan Teknologi Informasi seperti Dasar komputer, Microsoft Windows & Microsoft Office (95,98,2000), Linux Fundamental, Network Essential, Front Page, Web Design & Development, Basic Internet, Flash Macromedia, Cisco dan lain sebagainya. Pusat training telah di bentuk oleh PPTI pada bulan September 2005 berlokasi di Gedung Rektorat Lama Lantai 2 dengan instruktur yang telah memiliki sertifikasi internasional.

 

  Info lebih lengkap

 

 

Alamat Kontak

Unit Pengkajian & Penerapan Teknologi Informasi
Kantor: Gedung Kantor Pusat Lama Lantai II
Jalan Veteran 65145
Telepon: 0341 551611, 0341 575777 Pes. 134,
langsung: 0341 575878
e-mail: uppti@brawijaya.ac.id

Daftar Nama Pengurus

Nama Jabatan Email
Raden Arief Setyawan, ST., MT.  Ketua  unpublished 
  ©2001-2003 Brawijaya University, all right reserved.
Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use. Content provided by BAPSI-UB, Design & Construct by UPPTI-UB.
ke halaman awal