Community:
Forum Diskusi
Mailing List
Brawijaya Linux User NGalam

Tentang UB

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM)

Sejarah singkat
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990, tanggal 15 Februari 1996, Rektor Universitas Brawijaya mengeluarkan SK NO. 08/sk/1996 yang mengubah dan meningkatkan status PPM menjadi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM).

Visi dan Misi
Visi LPM adalah mengedepankan standar kualitas tertinggi dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat kampus maupun luar kampus. Misi LPM adalah mendorong industrialisasi pedesaan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna; memberdayakan masyarakat dengan mengangkat taraf hidupnya dari keterbelakangan, mengentas kemiskinan dan meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai subyek pembangunan melalui proses pengembangan dengan menggunakan kaidah ilmiah.

Kegiatan

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya sebagai salah satu pengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat, yang mana kegiatan ini sesuai dengan salah satu misi Universitas Brawijaya yaitu, mengembangkan dan menyebarluaskan penerapan iptek serta implementasinya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat diwujudkan dalam bentuk kegiatan seperti : Pelatihan, Pelayanan Masyarakat baik konsultasi Bisnis maupun teknologi tepat guna, Pengembangan Desa Mitra Kerja, Penerapan/Pengembangan Iptek, Program Vucer, Penerapan Iptek untuk memacu Eksport Non-Migas (Vucer Multi Tahun), Unit Jasa Usaha dan Industri (UJI), Program Pengembangan Kewirausahaan : Kuliah Kerja Usaha (KKU), Magang Kewirausahaan (MKU), Kuliah Kewirausahaan (KWU), Wirausaha Baru , Sinergi Pemberdayaan Masyarakat (Sibermas), Program Pengembangan Keuangan Pedesaan Grameen Bank, Kaji Tindak melalui program kerjasama baik dengan instansi pemerintah maupun swasta.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas di koordinasikan oleh Pusat-pusat Pengembangan yang terkait, yakni Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi (P3T), Pusat Pelayanan Pengembangan Sumber Daya Alam (P3SDA), Pusat Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (P4M).

1. PUSAT PELAYANAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI(P3T)

  1. Tanggal 26 Januari 2007 LPM mengirim 4 orang staf administrasi untuk mengikuti Pelatihan Layanan Teknologi Informasi di Universitas Brawijaya Malang.
  2. Tanggal 19-21 Februari 2007 Penerimaan Tenaga Pendamping Program Gerdu Taskin kerjasama LPM Unibraw dengan Badan Pemberdayan Masyarakat Propinsi Jawa Timur.
  3. Tanggal 22 Februari 2007 LPM Unibraw kerjasama dengan Bappemas Propinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sumbertempur Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang tentang  ” Penerapan Teknologi Kawin Suntik Persilangan Kambing Pejantan Boer (Pure Breed) dengan Kambing Lokal ”.
  4. Pada Tanggal  2 Maret 2007 Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Brawijaya telah menandatangani Kontrak Kerja Iptekda LIPI, sebanyak 5 Judul kegiatan dengan total biaya Rp 560.350.000,- sebagai berikut :
    1. Perbaikan Teknik Pengemasan dan Desain Kemasan “ Bumbu Masak Siap Saji (Instan) “ Guna Peningkatan Pangsa Pasar, oleh Dr.Ir. Wignyanto, MS. Fakultas Teknologi Pertanaian.
    2. Perbaikan Kualitas Aneka Produk Olahan Apel (Jenang Apel, Sari Apel dan Keripik Apel) di Batu Jawa Timur Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Berbasis Komoditas Unggulan Daerah, oleh Prof.Dr.Ir. Bambang Suharto, MS. Fakultas Teknologi Pertanian.
    3. Penerapan Teknologi “Semi Submerged Rotary Washer” Sebagai Upaya Perbaikan Teknik Pasca Panen, Kualitas dan Peningkatan Kapasitas Panen Wortel di Sentra Tanaman Hortikultura Pujon-Malang, oleh Ir. Cahyo Paryogo, MP. Fakultas Pertanian.
    4. Peningkatan Kualitas Produksi Kerupuk Melalui Penerapan Teknologii Alat dan Mesin Pengolahan pada Pengusaha Kerupuk di Kabupaten Malang, oleh Dr.Ir. Bambang Dwi Argo, DEA. Fakultas Teknologi Pertanian.
    5. Perbaikan Teknik Pencetakan, Packing Cup Sealer dan Ruang Fermentasi dalam Upaya Peningkatan Teknologi Produksi Nata De Coco di Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember, oleh Ir. Nur Hidayat, MP. Fakultas Teknologi Pertanian.
  5. Tanggal 7 Maret 2007 LPM Unibraw Rapat koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) I dengan  Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur.
  6. Tanggal 3 April 2007 Pencairan dana tahap I (50%) Program Intensif Penerapan Teknologi di Daerah (IPTEKDA) dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan hingga bulan Desember 2007. Dimana kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi bagi pengusaha/industri kecil. Sehingga pendapatan UKM bisa meningkat yang berdampak akan  menyerap tenaga kerja sekitarnya. Dengan adanya alih teknologi, maka sistem bergulir akan berjalan dengan baik.
  7. Tanggal 4 April 2007 Pengiriman proposal ke DP2M Ditjen Dikti Depdiknas Jakarta baik program Vucer, Iptek, Pengembangan Budaya Kewirausahaan, Vucer Multi Tahun, Unit Jasa Usaha dan Industri tahun anggaran 2008.
  8. Pada tanggal 24-27 Juni 2007 ada kegiatan monitoring dan evaluasi tahapII oleh Tim LIPI Jakarta.
  9. Pada tanggal 14 Juli 2007 LPM melaksanakan kegiatan Diklat ”Peningkatan Ketrampilan Identifikasi dan Pembuatan Preparat Mikroskopis Tumbuhan Bagi Guru Biologi SMA/MA se Jawa Timur (Sumber Dana DP2M Ditjen Dikti Depdiknas).
  10. Pada tanggal 6 – 10 Agustus 2007 Mengikuti Pameran Industri & Pendidikan dalam rangka Gelar Prestasi dan Bela Negara Tingkat Nasional di Kota Malang yang bertempat di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang.
  11. Tanggal 10-30 Agustus 2007 Kegiatan monitoring oleh Tim Monev LPM Unibraw tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang di danai DP2M maupun yang di daerahkan tahun anggaran 2007, baik Penerapan Iptek, Program Vucer, Unit Jasa Usaha dan Industri (UJI), dan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan ( MKU, KWU ).
  12. Tanggal 7-10 Nopember 2007 Program Iptekda tahun anggaran 2008 yang lolos seleksi untuk mengikuti wawancara Iptekda ada 12 judul terdiri dari : 
    1. Zainal Abidin, Spi, Fakultas Perikanan
    2. Prof.Dr.Ir. Bambang Suharto, MS, Fakultas Teknologi Pertanian
    3. Ir. Nur Hidayat, MP, Fakultas Teknologi Pertanian
    4. Dr. Nudin Hararap, MS, Fakultas Perikanan
    5. Ir. Teguh Utomo, MT, Fakultas Teknik
    6. Ir. Endah Rahayu L, MS, Fakultas Teknologi Pertanian
    7. Ir. Purnomo Budi S, MSc,PhD, Fakultas Teknik
    8. Ir. Eko Widodo, M.Agr.SC.PhD, Fakultas Peternakan
    9. Dr.Ir. Yunus, MS., Fakultas Peternakan
    10. Ir. Irnia Nurika, MP, Fakultas Teknologi Pertanian
    11. Dr.Ir. Wigyanto, MS, Fakultas Teknologi Pertanian
    12. drh. Masdiana CP, M.App.Sc. Fakultas Peternakan
  13. Tanggal 9 November 2007 LPM Universitas Brawijaya mengirim 5 dosen/ staf pengajar untuk mengikuti Forum Komonikasi Iptekda Tahun 2007 di Universitas Airlangga Surabaya, yaitu Ir. Endah Rahayu Lestari, MS. (FTP); Ir. Nur Hidayat, MP., (FTP); Prof.Dr.Ir. Bambang Suharto, MS. (FTP); Ir.Cahyo P., MS. (FTP); Dr.Ir. Bambang Dwi Argo, DEA. (FTP).
  14. Memberikan layanan konsultasi tentang Pengadaan/Perawatan alat / mesin Teknologi Tepat Guna (TTG) bagi masyarakat.

2. PUSAT PELAYANAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA ALAM (P3SDA)

  1. Tanggal 23 Februari 2007 Test Penerimaan Tenaga Pendamping Program Pendampingan Penguatan Unit Pengelola Keuangan (UPK) Program Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan Propinsi Jawa Timur (Gerdu Taskin) yang diikuti 120 sarjana (PTN/PTS) dari berbagai disiplin ilmu.
  2. Tanggal 26 Februari 2007 Pengumuman Hasil Seleksi Program Gerdu Taskin sebanyak 50 orang.
  3. Tanggal 28 Februari – 3 Maret 2007 Pelaksanaan Training Tenaga Pendamping Gerdu Taskin di Batu, dilanjutkan dengan kegiatan di lapangan se Jawa Timur.
  4. Pada tanggal 17-19 Maret 2007 Pelatihan Tahap II Tenaga Pendamping Gerdu Taskin di Hotel Victori Kota Batu.
  5. Pada bulan 5 April-Desember 2007 Pelaksanaan kegiatan Swakelola Pendampingan Penguatan Unit Pengelola Keuangan (UPK) Program Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan (Gerdu-Taskin), kerjasama LPM Unibraw dengan Bapemas Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan 50 Sarjana sebagai tenaga pendamping yang ditempatlan di 22 Kota/Kabupaten se Jawa Timur.
  6. Pada bulan Mei – Oktober 2007 Pelaksanaan kegiatan Pengawalan Penanganan Pasca Panen dan Pemasaran Harga Gabah, dengan melibatkan  tenaga pendamping 42 orang di tempat di 21 Kabupaten se Jawa Timur, LPM Unibraw  kerjasama dengan Departemen Pertanian.
  7. Tanggal 27-31 Oktober 2007 Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pertanian Terpadu Bagi Santri Pondok Pesantren Agribisnis di Jawa Timur, hasil kerjasama Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Brawijaya dengan Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Propinsi Jawa Timur.
  8. Memberikan Layanan Konsultasi tentang Pengembangan Sumber Daya Alam, Agribisnis dan lain-lain.

3. PUSAT PELAYANAN PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (P4M)

  1. Tanggal 19 Januari 2007 LPM Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Yayasan Merah Putih Jakarta menyelenggarakan “ Sosialisasii Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Anak Jalanan (Anjal) “ yang diikuti 70 peserta dari lingkungan dalam / luar  kampus.
  2. Tanggal 11-13 Maret 2007 LPM Unibraw mengirim Staf Pengajar Ir. Agus Tumulyadi, MP. sebagai peserta ” Temu Sosialisasi dan Koordinasi Pemberantasan Buta Aksara Dengan Perguruan Tinggi ” di UNS Solo, yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Luar Sekolah Depdiknas.
  3. Tanggal 14 Maret 2007 LPM mengadakan rekruitmen tenaga pendamping seleksi administrasi dan test wawancara, yang diikuti sekitar 110 pelamar dari sarjana pertanian & teknologi pertanian.
  4. Pelaksanaan Pelatihan Manajemen Pelayanan Prima di PPI Unibraw tanggal 14 April  2007, yang diikuti oleh Instansi Pemerintah maupun swasta sebanyak lebih kurang 150 peserta, setelah pembukaan kegiatan dibagi 2 (dua) kelas berokrat dan pengusaha.
  5. Pada tanggal 29 Mei 2007 Lembaga Pengabdian kepada Masyaraka (LPM) Universitas Brawijaya mengikutsertakan binaannya 19 UMKM   di pameran dalam rangka Semangi Show di Widyaloka.
  6. Dalam rangka kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia ke Kampus Universitas Brawijaya,Tanggal 2 Juni 2007 LPM mempromosikan14 UMKM untuk mengikutkan pameran.
  7. Tanggal 12-13 Juni 2007 LPM Unibraw berpartisipasi mengikuti International Workshop, Seminar and SMEs Exhibition Agenda di Widyaloka, dengan mengirim 13 UMKM sebagai peserta pameran.
  8. Tanggal 22 Juni 2007 LPM Unibraw kerjasama dengan Departemen Koperasi Republik Indonesia, mengadakan acara diskusi tentang rencana pelaksanaan ” Focus Group Discussion Rencana Undang-Undang Penjaminan Pinjaman UMKM  ”. Diikuti PTN & PTS , UKM dan Koperasi, BRI, Bank Jatim, Deperindag Kota/Kab.Malang.
  9. Tanggal 30 Juni 2007 LPM Unibraw mengirim 6 mahasiswa sebagai perwakilan ke UGM dalam rangka Pengarahan dan Pelepasan peserta KKN Tematik GNP-PBA oleh Menteri Pendidikan Nasional, yang diikuti 8 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.
  10. Tanggal 30 Agustus 2007 LPM Unibraw melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif dengan tema : ” Profesionalisme Melalui Sertifikasi Sebagai Upaya Peningkatan Mutu, Kompetensi, Jumlah dan Kesejahteraan Guru/Dosen ” yang diikuti 96 orang bertempat di Gedung PPI Unibraw.
  11. Tanggal 2-4 Juli 2007 Diklat Pendamping KKN Tematik Percepatan Penuntasan Program Wajib Belajar 9 Tahun yang diikuti 52 orang S1 maupun S2, bertempat di Hotel Victori Batu. Hasil kerjasama LPM dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur.
  12. Tanggal 14 Juli 2007 Pembekalan KKN Tematik Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara (GNP-PBA) yang diikuti 51 mahasiswa, dari Fakultas Perikanan, Fakultas Teknologi Pertanian.
  13. Tanggal 14 Juli 2007 Pembekalan KKN Tematik Percepatan Penuntasan Program Wajib Belajar 9 Tahun yang diikuti 100 mahasiswa.
  14. Tanggal 17 Juli 2007 Pelepasan Mahasiswa KKN KKN Tematik GNP-PBA bertempat depan Rektorat yang diikuti 51 mahasiswa, oleh Pembantu Rektor I (Prof.Dr.Ir.Bambang Suharto, MS.)
  15. Tanggal 20 Juli 2007 Pelaksanaan Pembekalan Tahap II Mahasiswa KKN Tematik Percepatan Penuntasan Program Wajib Belajar 9 Tahun, yang diikuti oleh 80 mahasiswa.
  16. Tanggal 30 Juli 2007 Pelaksanaan kegiatan ” Sosialisasi dan Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Wajib Belajar 9 Tahun ” oleh Rektor Universitas Brawijaya & Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur, yang diikuti 750 Mahasiswa/i.
  17. Persiapan pelaksanaan workshop sehari dengan tema ” Menyongsong Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan Spirit Enjoyfull Learning Menuju Profesionalisme Tenaga Guru/Dosen dalam Pemenuhan Standar Sertifikasi Profesi ” , tanggal 28 Juli 2007.
  18. Sampai pada bulan Juli – Agustus 2007 LPM Universitas Brawijaya melepas KKN Wajar 9 tahun, melibatkan 750 mahasiswa jumlah pendamping 52 orang,
  19. Tanggal 16 Agustus 2007 Sosialisasi KKN Tematik GNP-PBA di Kantor Kecamatan Bululawang
  20. Tanggal 17 Agustus s/d 24 September 2007 Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara (KKN GNP-PBA) di Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang.
  21. Tanggal 22 – 24 Agustus 2007 LPM Unibraw berpartisipasi mengikuti Pemeran Pendidikan Nasional Tahun 2007 di Depdiknas Jakarta (di Plaza Gedung A) dengan tema : ”  Menggalang Kebersamaan Untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa ”.
  22. Pada tanggal 8 September 2007 Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Pendidikan dan Pemantapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan  ” Spirit KTSP Joyful Learning Menuju Profesionalisme Tenaga Guru/Dosen Dalam Pemenuhan Standar Sertifikasi Profesi ” di Gedung Dinas P dan K Propinsi Jawa Timur.
  23. Tanggal 20 September 2007 Strategi Pengembangan ternak lembu & lokal melalui introduksi teknologi kawin suntik (IB) kambing Boer (Tipe Pedagang) dalam upaya memperolah trah kambing unggung di Wonosari.
  24. Tanggal 5 – 9 Nopember 2007 LPM Unibraw mengirim Ir. Agus Tumulyadi,. MP. Untuk mengikuti acara ”expert meting on develosing integrated community development (ICD) Training Manual” di Bandung.
  25. Tanggal 1-3 Desember 2007 LPM Unibraw mengirim 1 (satu) Staf Pengajar Ir.Agus Tumulyadi, MP. untuk menghadiri ”Temu Evaluasi Pelaksanaan KKN GNP-PBA Tahun 2007” di Solo.
  26. Melaksanakan kegiatan pembinaan dan monitoring pada UMKM secara berkala se Jawa Timur.
  27. Memberikan Layanan Konsultasi pada Usaha Kecil Menengah dan Koperasi   meliputi : 
    -Manajemen
    -Pemasaran
    -Modal

Pada tahun 2007 LPM Universitas Brawijaya telah mengkoordinasikan 204 kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan rincian sebagai berikut 94 kegiatan Fakultas, 116 kegiatan LPM. Kegiatan yang dikelola LPM meliputi : 30 Penerapan Iptek, 15 Program Vucer, 1 Program Magang Kewirausahaan (MKU), 2 Program Unit Jasa Usaha dan Industri (UJI), 5 Program Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (Iptekda), 2 Pengembangan Penerapan Iptek.

Sedangkan 60 kegiatan merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Pusat/Daerah, Batan, Depkop, Lemhanas, Balitbangda/Beppemas Propinsi Jawa Timur, PT Danareksa, Bank Indonesia, PT Telkom maupun swasta

Alamat Kontak

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM)
Kantor: Gedung Lembaga Lantai II
Jl.Veteran Malang 65145
Telepon: 0341 584394, 551611, Pes. 304, 305,
Fax. (0341) 575825
e-mail: lpmub@indo.net.id

Daftar Nama Pengurus

Nama Jabatan Email
Prof.Dr.Ir. H. Syamsulbahri, MS.  Ketua LPM  unpublished 
Prof.Dr.Ir. Siti Chuzaemi, MS.  Sekretaris LPM  unpublished 
Dr. Sihabuddin, SH., MH.  Ka.Pusat Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (P4M)  unpublished 
Dr.Ir. Bambang Dwi Argo, DEA.  Ka. Pusat Pelayanan Pengembangan Teknologi (P3T)  unpublished 
Ir. Arifin Noor Sugiharto, M.Sc., Ph. D.  Ka. Pusat Pelayanan Pengembangan Sumberdaya Alam (P3SDA)  unpublished 
Dra. Susiati   Kepala Bagian Tata Usaha  unpublished 
Endang Rini Moedjiwati  Kasubbag. Umum & Per-lengkapan  unpublished 
  Kasubbag. Program & Pe-rencanaan  unpublished 
Safuan, SH.  Kasubbag. Data dan Informasi  unpublished 
    unpublished 
  ©2001-2003 Brawijaya University, all right reserved.
Use of this website signifies your agreement to the Terms of Use. Content provided by BAPSI-UB, Design & Construct by UPPTI-UB.
ke halaman awal